Home » Kesehatan » Bahaya Tekanan Darah Tinggi

Bahaya Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah adalah kekuatan darah Anda saat mengalir melalui arteri di tubuh Anda. Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh Anda. Ketika jantung Anda berdetak, itu mendorong darah melalui arteri Anda. Saat darah mengalir, itu memberi tekanan pada dinding arteri Anda. Ini disebut tekanan darah. Bahaya tekanan darah tinggi (juga disebut hipertensi) terjadi ketika darah Anda bergerak melalui arteri Anda pada tekanan yang lebih tinggi dari biasanya. Banyak hal yang berbeda dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Jika tekanan darah Anda terlalu tinggi atau tetap tinggi untuk waktu yang lama, itu dapat menyebabkan masalah kesehatan. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk stroke, penyakit jantung, serangan jantung, dan gagal ginjal. Kebanyakan situs judi slot terbaik dan terpercaya no 1 orang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala. Inilah sebabnya mengapa kadang-kadang disebut “pembunuh diam-diam.” Sangat penting untuk memeriksakan tekanan darah Anda secara teratur.

Bahaya Tekanan Darah Tinggi

Beberapa orang mengalami sakit kepala, mimisan, atau sesak napas dengan tekanan darah tinggi. Namun, gejala tersebut dapat meniru banyak hal lain (serius atau tidak serius). Biasanya, gejala-gejala ini terjadi setelah tekanan darah mencapai tingkat tinggi yang berbahaya selama periode waktu tertentu. Bahaya tekanan darah tinggi biasanya didiagnosis menggunakan tes tekanan darah yang sudah dikenal yang melibatkan manset yang melilit lengan atas. Manset dipompa dan kemudian sensor mengukur tekanan darah yang berdenyut melawan arteri.

Sebuah bacaan muncul sebagai dua angka. Yang pertama, yang lebih tinggi dari keduanya, adalah tekanan sistolik Anda. Itulah kekuatan di arteri saat jantung berdetak. Angka kedua adalah tekanan diastolik Anda, atau tekanan di arteri saat jantung beristirahat di antara detak. Tekanan darah normal naik dari sekitar 64/40 saat lahir menjadi sekitar 120/80 pada orang dewasa yang sehat. Jika seseorang mengukur tekanan darah Anda tepat setelah Anda memberikan pidato atau berlari sejauh 5 mil, itu mungkin akan sedikit tinggi.

Ini tidak selalu menimbulkan kekhawatiran. Wajar jika tekanan darah naik dan turun dengan perubahan aktivitas atau keadaan emosional. Itu juga normal untuk tekanan darah bervariasi dari orang ke orang, bahkan dari satu area tubuh ke yang lain. Tetapi jika tekanan darah Anda tetap tinggi, Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang pengobatan. Hipertensi memaksa jantung bekerja jauh melebihi kapasitasnya. Seiring dengan melukai pembuluh darah, itu dapat merusak otak, mata, dan ginjal Anda.


Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.